Cara Ternak Lovebird Secara Koloni

Cara Ternak Lovebird Secara Koloni - Ternak lovebird dengan metode ini sudah mulai banyak diminati oleh beberapa kalangan pecinta kicau mania, karena dengan ternak lovebird secara koloni akan menghemat kandang untuk lovebird yang kita ternak. Nah apakah saat ini anda mempunyai rencana dalam melakukan ternak lovebird koloni sendiri..? jika kalian memang sudah terpikir untuk ternak lovebird dengan cara koloni, maka tepat sekali jika menyempatkan untuk membaca postingan ini, pada kesempatan ini akan dipaparkan tentang bagaimana caranya dalam ternak lovebird koloni.

Pada dasarnya ternak lovebird koloni ini tidak sulit, yang dibutuhkan hanya keinginan dan tekat untuk ternak lovebird koloni yaitu dengan mencari beberapa indukan saja. Tapi akhir-akhir ini peternak lovebird koloni ini sudah mulai marak, maka kalian juga harus mempunyai tips yang bisa dijadikan andalan agar usaha tersebut selain sebagai hobby juga bisa digunakan sebagao penghasilan tambahan soalnya pesaingnya juga semakin banyak.

Dulu rata-rata pecinta burung melakukan ternak lovebird secara individu tapi sekarang beternak lovebird dengan cara yang cepat yaitu dengan ternak lovebird secara koloni untuk mendapatkan lovebird dalam jumlah yang banyak, dengan cara ini akan lebih bagus dalam beternak secara koloni karena hasilnya akan lebih banyak.


Berikut adalah cara untuk ternak lovebird secara koloni

1. Memilih induk yang unggul

ini adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Anda harus tahu bahwa bibit lovebird yang anda beli adalah bibit yang bagus. misalnya ekornya panjang, warna bulunya bagus, dan sebagainya. pilih juga induk lovebird yang banyak diminati oleh orang, seperti lovebird jenis klep dan juga jenis kacamata. Ini adalah salahs satu jenis lovebird yang banyak diminati.

2. Memilih lovebird jantan dan lovebird betina


Hal ini adalah pemilihan yang paling mendasar dalam menentukan lovebird jantan dan betina, anda harus paham tentang bagaimana membedakan antara lovebird jantan dengan lovebird betina. Hal Ini untuk mempermudah ketika proses menjodohkannya.Paling sesuai adalah pilih lovebird jantan yang sudah berusia 1 tahun dan lovebird betina yang sudah berusia 8 bulan (Dengan 2 bulan lebih muda dari lovebird Jantan).

3. Mempersiapkan kandang

Persiapkan kandang untuk ternak lovebird koloni, karena anda ingin ternak lovebird secara koloni atau alami maka pada waktu mempersiapkan kandangnya juga harus sesuai dengan kandang yang dipergunakan untuk ternak lovebird koloni. Anda harus menyiapkan kandang yang mempunyai ukuran panjang + 2m, lebar + 1.5m, dan tinggi + 2m. Untuk masing-masing kandang dipersiapkan untuk 3 ekor lovebird jantan dan 5 ekor lovebird betina. Jangan lupa untuk meletakan tempat minum di masing-masing kandang tersebut, yang digunakan untuk bersarangnya lovebird.

4. Proses mengawinkan lovebird

Proses mengawinkan lovebird Ini adalah hal yang sangat penting, karena tujuan anda adalah ingin membuat peternakan lovebird koloni. Setelah persiapan kandang sudah selesai maka segera masukkan induk jantan terlebih dahulu. Biarkan saja agar induk jantan yang sudah ditaruh dikandang mencari sarangnya sendiri-sendiri. setelah induk-induk jantan itu mendapatkan sarangnya maka memasukan induk yang betinanya.

Baca juga : Cara Menjodohkan Burung Lovebird

 

Cara ternak lovebird koloni saat induk sudah bertelur

1. Ketika induk sudah bertelur

Setelah proses perjodohan selesai dan induk jantan dan betina sudah menemukan pasangannya masing-masing, maka sudah saatnya menunggu proses bertelurnya sang induk betina, dan saat induk betina bertelur maka sebaiknya jangan sering-sering untuk membuka kandang lovebird tersebut. Hal ini bisa berpengaruh terhadap proses pengeraman yang dilakukan oleh induk lovebird. Sedangkan untuk pakannya, bisa diberikan pelet atau milet/jagung untuk pakan lovebird sehari-hari. Selalu amati dan perhtikan terus kesehatan burung yang berada dalam kandang, jika indukan lovebird terlihat kurang sehat maka segera tambahkan multivitamin sebagai asupan makanannya untuk penambah stamina burung.

2. Setelah telur menetas

Setelah proses pengeraman selesai, maka telur akan menetas, dalam hal ini anda harus tetap membiarkan induknya yang terus merawat anak loverbird hingga anakan lovebird bisa keluar sendiri dari sarangnya. Selalu tambahkan pakan yang cukup di dalam kandang.

Nah Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana ternak lovebird koloni yang benar. Ternak lovebird itu gampang-gampang susah, tapi setelah dilakukan maka akan terasa mudah dan semakin sering kita lakukan maka akan semakin mudah. Dengan paham bagaimana cara-cara ternak lovebird koloni yang benar maka lovebird yang dihasilkan akan mempunyai kualitas yang lebih bagus.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »