Perawatan Lovebrid Usia 2 sampai 3 Bulan

PERAWATAN LOVEBIRD USIA 2 SAMPAI USIA 3 BULAN - Halo para kicaumania, untuk kalian yang memiliki burung cinta (lovebrid) yang masih paud mungkin berikut cara perawatan supaya kelak bisa jadi burung jagoan di lapangan, langsung saja simak dibawah ini:

Baca: Harga Burung Lovebird Terbaru 2017 !!!


Perawatan Lovebrid Usia 2 sampai 3 Bulan


  • Jam 6.30 Lovebird buka kerodong & angin-anginkan.
  • Jam 7.00 Mandi basah kuyub lanjut penjemuran, fungsi dari mandi basah kuyub adalah sebagai proses untuk penjinakkan (setelah mandi basah kuyub gantang di gantangan yg rendah serta selalu dilewati orang) & dipercaya membuat Lovebird anakkan berkicau/ngekek. Dalam penjemuran pisahkan Lovebird anakkan dengan Lovebird yang punya usia mapan (6,5 bulan up), kalaupun tidak ada cukup tempat untuk menjemur, bisa disekat antar sangkarnya.
  • Jam 09.00 Penjemuran selesai, lanjut pemberian PAKAN & Lovebird angin-anginkan di tempat yang teduh.
  • Jam 10.00 Lovebird masuk ke dalam rumah, tempel anakkan Lovebird dengan burung masteran (bisa burung tengkek buto, kenari, dll).
  • Jam 15.00 Lovebird dikeluarkan untuk kemudian diangin-anginkan, cek kondisi pakan & minum serta kebersihan sangkar.
  • Jam 16.00 Lovebird masuk rumah kemudian full kerodong.
  • Jam 21.00 Proses pemasteran dimulai, perdengarkan suara masteran dengan volume sayup-sayup & tidak kencang, pemasteran bisa dilakukan melalui media MP3 HP, Sonicmaster. Variasikan suara pemasteran, misalnya: seminggu suara kenari, seminggu suara LB ngekek panjang, seminggu suara belalang kecrek, seminggu suara tengkek buto, dsb. Pemasteran dilakukan sampai menjelang pagi.

Catatan:
  1. Pada Jam 05.00 bisa dilakukan pengembunan.
  2. Untuk penyajian pakan bila anakkan Lovebird tidak suka biji bunga matahari (kuaci), bisa diberikan Extra Fooding yang lain (kangkung, jagung muda, buah apel (hilangkan bijinya), dll), Extra Fooding bisa diberikan 2-3 kali dalam seminggu.
  3. Seminggu sekali mandikan anakkan Lovebird dengan rebusan air daun sirih untuk mencegah timbulnya kutu, jamur & bakteri.
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »